Friday 17 March 2017

Reaksi Kimia Pengujian Amonia


I. Metoda Indofenol

Prinsip Analisis
Senyawa ammonia atau ion amonium bereaksi dengan hipoklorit dan setelah penambahan fenol dalam suasana basa membentuk senyawa biru indophenol yang dikatalisis oleh natrium nitroprusida. Tri-sodium sitrat ditambahkan untuk menghilangkan gangguan oleh ion Ca dan Mg, yang mencegah pengendapan hidroksida mereka (kekeruhan) pada pH yang lebih tinggi. Intensitas warna diukur pada 640 nm pada spektrofotometer.

Reaksi Kimia
Reaksi NH3 / NH4+ dengan sodium hipoklorit




Reaksi dilakukan dalam media basa (pH> 12) hanya NH3

Reaksi dari monochloramine dengan fenol mengarah pada pembentukan indofenol biru (reaksi Berthelot) oleh penambahan natrium nitroprusida (disodium pentacyanonitrosylferrate (III), Na2[Fe(CN)5NO]

Reaksi berlangsung dalam dua langkah:
1. Fenol bereaksi dengan monochloramine untuk membentuk Chloroquinoneimine.
2. Chloroquinoneimine bereaksi lebih lanjut dengan fenol untuk membentuk senyawa biru, Indofenol biru, dikatalisis oleh natrium nitroprusida


















II. Metoda Nessler (Hach Method 8038)

Prinsip Analisis
Senyawa ammonia dan ion amonium dalam sampel air direaksikan dengan reagen Nessler menghasilkan senyawa warna kuning [garam dari basa Millon (Hg2N)OH.2H2O] dapat diukur dengan spektrofotometer di 420 nm dalam kuvet 1 cm. Pada amonium atau amonia konsentrasi tinggi, endapan oranye-coklat tua terbentuk.

Endapan yang disebabkan oleh terbentuknya hardness dan besi dapat dihilangkan dengan penambahan Kalium natrium tartrat (garam Seignette)


Reaksi Kimia
Reaksi ion ammonium dengan reagen Nessler










Reaksi berlangsung dalam suasana basa kuat.




Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 

Sampling & Analisis Copyright © 2013
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger