Sunday 1 November 2015

Cara Uji Klorida dalam Air


PRINSIP

Ion klorida dalam sampel beraksi dengan merkuri tiosianat untuk membentuk merkuri klorida dan membebaskan ion tiosianat. Ion tiosianat bereaksi dengan ion besi (III) untuk membentuk sebuah kompleks besi(III) tiosianat, intensitas warna yang terbentuk sebanding dengan konsentrasi klorida.

INTERFERENSI

Kekeruhan dan warna sampel dapat mengganggu penetapan. Tiosianat yang terdapat dalam sampel bisa menyebabkan hasil pengukuran menjadi lebih besar dari sebenarnya..

PERALATAN

1. Spectrofotometer dengan panjang gelombang 480 nm.
2. Pipet Volumetrik 15 mL dan tabung reaksi
3. Labu Ukur 50 mL dan 100 mL

BAHAN

1. Air Milli-Q

2. Ferric Nitrate
Larutkan 20,2 gram Ferric Nitrate (Fe(NO3)3.9H2O) dalam kira-kira 20 mL air Milli-Q. Tambahkan 2,1 mL asam nitrat pekat dan encerkan menjadi 100 mL dengan air Milli-Q. Saring dan masukkan ke dalam botol berwarna gelap. Larutan ini harus disimpan pada suhu ruang dan kadaluarsa sesuadah 3 bulan.

3. Mercuric Thiocyanate
Larutkan 0,417 gram mercuric thiocyanate (Hg(SCN)2) dalam kira-kira 50 mL methanol. Encerkan menjadi 100 mL dengan methanol. Saring dan masukkan ke dalam botol berwarna gelap. Larutan ini harus disimpan pada suhu ruang dan kadaluarsa sesudah 3 bulan.

4. Pereaksi Warna.
Campurkan dengan volume yang sama (masing-masing 15 mL) of ferric nitrate dengan mercuric thiocyanate dan encerkan menjadi 100 mL dengan air Milli-Q. larutan ini harus dibuat setiap akan melakukan analisa dan harus disimpan pada suhu ruang.

5. Larutan Standar klorida 1000 mg/L
Buat Larutan standar klorida seperti berikut:
Larutkan 1,6482 gram NaCl (yang telah dipanaskan pada 1400C) dalam air mili-q dan encerkan menjadi 1000 mL. Larutan ini harus disimpan pada suhu ruang dan kadaluarsa setelah 6 bulan.

PROSEDUR ANALISIS

A. Kurva Kalibrasi

Buat larutan 2 deret standar Cl- masing-masing 0.5, 1, 2, 5, 10 mg/L dan 10, 20, 30, 40, 50 mg/L dari larutan Cl-

B. Cara Kerja

Masukkan 1 mL sampel ke dalam tabung reaksi dan tambahkan 4 mL pereaksi warna ke dalam sampel tersebut, lalu kocok. Biarkan selama 5 menit kemudian ukur absorbansinya dengan spectrophotometer pada panjang gelombang 480 nm dengan menggunakan kuvet 10 mm.


PERHITUNGAN

Buat kurva standar dengan memplot absorbansi standar terhadap konsentrasi. Catat nilai Cl- sesuai yang diperoleh pada instrumen (spektrofotometer) dikalikan dengan faktor pengenceran (jika ada).


REAKSI KIMIA


Reaksi Kimia

Share this article :

3 comments:

  1. Replies
    1. Air milli-Q adalah air Demin, merujuk pada nama alat

      Delete
  2. kalau hasil yg didapt gk stabil, bisa jadi pengaruh apanya ya, terima kasih

    ReplyDelete

 

Sampling & Analisis Copyright © 2013
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger