Saturday 24 October 2015

Sampling VOC dalam udara


Prinsip
Zat-zat organik yang mudah menguap (VOC) di udara diikat dengan pelarut organik yang spesifik diantaranya n-Heksana, dngan bantuan pompa penghisap uap organik tersebut dialirkan dengan kecepatan tertentu dan volume terukur.

Reaksi
Uap Organik + n-Heksana --> larutan n-Heksana : uap organik

Peralatan
1. Tabung Impinger
2. Pompa penghisap Udara (Air Sampler)
3. Flow meter
4. Stop watch
5. Tabung pengaman
6. Volumetric pipet
7. Gelas ukur
8. Selang karet elastis

Bahan-bahan
1. n-Heksana
2. Zat organik sebagai stimulan contoh yaitu benzena dan toluena
3. Silika gel

Cara Kerja
1. Persiapkan peralatan "air sampler" dan hubungkan dengan flow meter
2. Kemudian kalibrasi kecepatan alir dengan mengukur dan mencatat volume alir hisap terhadap waktu dan konsentrasi uap organik;
a) Isi tabung impinger
b) Hubungkan dengan tabung pengaman, alat penghisap udara (air sampler) dan flow meter jaga jangan sampai ada yang bocor
c) Hidupkan alat penghisap udara pada posisi Hi dan skala 1 (atau pilih kecepatan alir yang cocok dengan pompa hisap yang digunakan, bisa saja pada posisi Low dan skala tertentu. Hal ini tergantung dari kecepatan aliran udara yang optimum)
d) Siapkan flow meter yang diisi dengan air sabun, tekan karetnya agar keluar gelembung dan ukur saat gelembung menunjukkan garis nol bersamaan dengan menekan tombol "stop watch".
e) Perhatikan gelembung tersebut sampai sampai menunjukkan volume 25 mL atau 50 mL, saat itu pula kita tekan STP dari "sto[p watch".
f) Catat lama alir gelembung tadi, lakukan beberapa kali atau minimal 3 kali dan buatlah rata-ratanya. Misal: x detik, maka kita dapatkan 25 mL/x detik dan kita ubah satuannya menjadi menit agar memudahkan perhitungan.
3. setelah kalibrasi selesai, matikan alat "air sampler".
4. Buatlah contoh uap kontaminan misal dari Benzena dan Toluena dengan perbandingan 1:1, masukkan dalam tabung.
5. Siapkan selang yang menghubungkan udara bebas (tabung yang berisi Benzena dan Toluena) untuk siap mengambil sampel uap organik (VOC) dan isi tabung penangkap dalam impinger dengan n_Heksana 10 mL.
6. Hidupkan alat "air sampler" dan tekan "stop watch", biarkan selama 10 menit (Catatan: lama pengambilan contoh tersebut tergantung dari konsentrasi uap organik (VOC) yang bebas dalam udara)

Perhitungan
Kecepatan Alir gas :

60/x x 25 mL = 1500/x mL/detik

dimana;
x = waktu alir dalam detik
25 mL = volume aliran uap/gas


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 

Sampling & Analisis Copyright © 2013
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger